Package Atom Terbaik


Sebagian besar pembaca mungkin sudah mengenal Atom, a hackable text editor for the 21st century yang dikembangkan oleh GitHub. Program yang berawal dari side project oleh founder Github @defunkt (Christ Wanstrath) dipertengahan tahun 2008 kini telah menjelma menjadi salah satu text editor pilihan para programmer.

Dan Atom juga menjadi salah satu Text Editor kesukaan gue karena banyaknya fitur atom yang ditawarkan. Nah, langsung aja kita lihat Package apa aja yang gue pake:

  • Package :
  1. Codeigniter. Package ini berguna untuk para PHP developer yang menggunakan framework CI karena package ini membuat shortcut/shorthand dalam membuat syntax CodeIgniter. Dengan mengetik "ci" saja maka akan keluar suggestion dari package tersebut. 

  2. Color-picker. Package ini sangat berguna bagi Web Designer maupun yang suka otak-atik CSS. Dengan menekan tombol Ctrl + Alt + C pada Windows atau Cmd + Alt + C pada Mac akan keluar color-pallete sehingga kita tidak usah susah" mencari warna yang kita inginkan.

  3. Emmet. Package ini adalah package andalan saya, kenapa? Package ini berguna untuk membuat shortcut dalam Atom. Contohnya dengan membuat ! (tanda seru) + Tab akan membuat HTML5 Boilerplate secara otomatis.

  4. File-icons. Package ini menampilkan icon pada file pada project kita. Keren deh pokoknya.

  5. FontsYap! Sesuai namanya package ini buat mengganti default font yang dipakai di atom.

  6. Language-Babel. Package ini buat ngebantu Atom dalam membaca syntax ES6 atau javascript 2015. 

  7. Language-Blade. Package ini buat ngebantu Atom dalam membaca syntax blade yaitu template engine buat laravel.

  8. Minimap. Package memudahkan kita untuk men-scroll editor kita. Jika kita memiliki lebih dari 1000 baris kode maka dengan package ini kita hanya perlu mengklik minimapnya yang akan mengantar kita ke baris kode paling terakhir.

Itulah beberapa Packages yang gue pakai dalam text-editor favorit gue, yaitu Atom. 

Comments

Popular Posts