Linux itu apa sih?



Kalian pasti penasaran kan Linux itu apa sih? 



Pada dasarnya Linux itu adalah Sistem Operasi yang dikembangkan dari UNIX. Linux sendiri pertama kali diciptakan oleh Linus Trovalds. Linux sendiri dikembangkan oleh banyak orang. Semua orang dapat berkontribusi dalam pengembangan Linux.


Sekarang ini banyak yang menyebut linux sebagai sistem operasi, hal itu sebenarnya keliru, Linux hanya kernel, tanpa adanya perangkat lunak, Linux tidak bisa disebut sistem operasi. Seharusnya jika ingin menyebut linux sebagai sistem operasi maka kita menyebutnya dengan sistem operasi GNU/Linux. GNU berkontribusi pada perangkat lunak dan aplikasi, sedangkan Linux berkontribusi pada kernel. Karena orang-orang susah menyebut GNU/Linux banyak orang menyingkatnya dengan Linux saja. Kernel Linux juga dipakai pada sistem operasi populer Android.


Sistem operasi ini gratis dan bebas untuk digunakan oleh siapapun dan setiap orang memiliki kebebasan untuk memberikan kontribusi untuk pengembangannya. Model pembangunan gotong royong berarti bahwa setiap orang banyak mendapatkan manfaatnya. Karena itu, disebut menyebutnya Free Software , atau Software Bertanggung Jawab Sosial . Erat kaitannya dengan konsep Open Source Software . Bersama-sama, Bebas (Free), dan Open Source Software secara kolektif disingkat FOSS. Ini berbeda sekali dengan model pengembangan proprietary (sumber tertutup, closed source) yang digunakan oleh beberapa perusahaan perangkat lunak saat ini. Karena pengembangan propietary biasanya berorientasi uang.


Linux memiliki banyak manfaat lainnya, termasuk dalam hal kecepatan, keamanan dan stabilitas. Hal ini terkenal karena kemampuannya untuk berjalan dengan baik pada perangkat keras yang lebih sederhana. Linux berasal dari keluarga sistem operasi UNIX dan dibangun dari bawah dengan jaringan Internet dan keamanan. Oleh karena itu, virus, worm, spyware dan adware pada dasarnya bukan menjadi masalah di Linux.

Beberapa manfaat Linux:
  • Tidak ada Virus.
  • Sistem komputer yang sangat stabil. Cocok digunakan untuk menjadi Web Server.
  • Process kerja yang sangat cepat.
  • Free alias gratis.
Sekian artikel tentang Linux. Mulai sekarang pakai linux yuk!! 😂

Comments

Popular Posts