Perbedaan Web Developer dan Web Designer



Mungkin anda pikir Web Developer dan Web Designer itu adalah sama saja,banyak orang yang berpikir seperti itu. Padahal Web developer dan  Web designer  itu berbeda. Mungkin anda berpikir mereka bekerja dalam ruang lingkup yang sama yaitu sama – sama membuat atau membangun website sehingga anda mengkategorikannya sebagai satu pekerjaan. Kali ini saya akan membahasanya satu – persatu, dimulai dari Web developer.





Seorang Web Developer bekerja atau bertugas untuk membuat aplikasi atau system berbasis web dengan menggunakan bahasa program(Perl , PHP,Python,ASP, .NET , Ruby, dll) , Seorang web developer akan membuat aplikasi atau system dari sisi server maupun sisi client dengan menggunakan database(Mysql, Oracle, SQL Server, dll) untuk menyimpan data dari aplikasi yang di buat nya.Pada umumnya seorang web developer kurang memperhatikan sisi interface atau tampilannya karena seorang web developer lebih mementingkan aplikasi atau system yang berjalan dalam aplikasi web yang di buatnya.

Untuk itu seorang web developer memerlukan seorang web designer untuk membantunya mendesign halaman – halaman website agar tampilannya terlihat lebih “bagus”.



Seorang Web Designer bertugas mengintegrasi komponen seperti gambar,file flash atau multimedia ke dalam halaman website untuk menambah visualisasi user. Web designer mendesign tampilan layout dari sebuah website,mengintegrasikannya dengan system yang sudah di buat si web developer, sehingga menghasilkan website yang bagus juga berjalan dengan baik.

Untuk itu seorang web designer seharusnya memiliki pemahaman tentang  design, layouting website, client-side scripting, HTML, CSS, Jquery, cara memanipulasi image dan animasi.

Pada umumnya seorang web designer harus bisa bekerja dalam tim untuk memastikan sebuah tampilan website yang bagus dapat berjalan dengan baik dalam aplikasi website bekerja dengan baik dengan tampilan yang bagus.


Sekian menurut saya perbedaan dari Web Developer dan Web Designer. 😉




Comments

Popular Posts