Cara Menjadi Web Developer


Cara Menjadi Web Developer - Temen-temen penasaran kan gimana sih bikin website itu? Apa aja yang dibutuhin? Dan kenapa sekarang lagi booming banget tentang startup? 



Ini nih jawabanya, dengan adanya program pemerintah yaitu, 1000 startup membuat para pelaku bisnis ramai-ramai ingin membuat suatu startup yang dapat berguna dan juga menguntungkan bagi masyarakat. Ini merupakan salah satu peluang bagi kita karena startup adalah perusahaan berbasis digital yang minimal memiliki website. 

Untuk itu saya akan membahas bagaimana cara untuk membuat website sendiri tanpa menggunakan CMS (Content Management System) seperti wordpress, magento, dll. Pasti makin semangat dan penasaran kan gimana sih cara bikin website? Nah, kali ini saya akan bahas gimana sih cara bikin website sendiri tanpa basa basi langsung cus! 💨

Berikut ini adalah cara-cara membuat website menurut saya :

  1. HTML. HTML itu apasih? HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan struktur dasar dari suatu website. HTML sendiri adalah suatu bahasa tertentu yang harus ditulis untuk membuat element dalam suatu website, tetapi HTML sendiri bukanlah bahasa pemrograman. Kalo ibarat tubuh manusia seperti tulang loh!!! Nah, sekarang paham kan seberapa pentingnya HTML bagi sebuah website. Pengen tau lebih banyak tentang HTML ? 

  2. CSS. CSS (Cascading Style Sheet) adalah suatu bahasa yang digunakan untuk memberikan efek atau design pada suatu HTML. Jadi si CSS ini bisa diibaratkan "istrinya" HTML. Karena dengan CSS, element pada HTML dapat diberikan berbagai macam gaya sehingga ketika dilihat dapat lebih menarik.

  3. JavaScript. JavaScript itu bukan Java ya! Cuman namanya aja yang mirip karena JavaScript ini dirilis ketika Java lagi tenar-tenarnya, katanya sih JavaScript ini kenapa mirip namanya Java biar bisa menyamai Java popularitasnya. Dan betul sekali pada tahun 2017 ini JavaScript lagi booming banget karena semakin banyak "framework" atau "library" yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. JavaScript itu sendiri adalah bahasa pemrograman yang dibuat untuk membuat halaman depan (Front-End) website menjadi lebih interaktif, misalnya membuat suatu event/animasi ketika suatu elemen pada HTML di klik.  Pada saat ini, JavaScript juga dapat dijadikan bahasa pemrograman Back-End. Ini disebut juga Full Stack JavaScript.

  4. PHP. PHP (Hypertext Processor) ini adalah salah satu bahasa pemrograman untuk web development. Walaupun PHP hanya bisa digunakan untuk web development tetapi ini justru salah satu kelebihan PHP. Menurut saya PHP adalah bahasa yang terbaik dipelajari jika anda ingin menjadi seorang Web Developer. Selain mudah dipelajari, PHP juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memiliki komunitas yang sangat banyak dan luas.

  5. DATABASE. Database dibagi menjadi 2, yaitu SQL dan NoSQL. SQL adalah Structure Query Language yang merupakan database relational dimana table dapat saling berhubungan. SQL menggunakan relational sebagai penyambung antara data – data di dalam tabel database mereka. Sedangkan NoSQL kebalikan dari SQL, NoSQL tidak menggunakan relational untuk menambahkan data. Salah satu database SQL paling terkenal dalam pengembangan web adalah MySQL. Sedangkan untuk NoSQL adalah MongoDB.

  6. Web Server. Web server juga merupakan komponen yang penting. Tanpa web server, aplikasi web yang Anda buat tidak akan bisa berjalan. Web server populer yang banyak digunakan diantaranya Apache dan Nginx. Pelajarilah konfigurasi dasar web server untuk mendukung skill Anda sebagai web developer.

  7. SEO. SEO (Search Engine Optimization) adalah proses yang membuat suatu website untuk berada pada puncak mesin pencarian. Contohnya: ketika kita mencari keyword facebook maka facebook.com akan muncul paling atas.

  8. Security. Security atau keamanan merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah website karena banyaknya hacker yang melakukan pencurian data ataupun hanya sekedar iseng. Hal tersebut dapat berakibat fatal bagi website kita, bukan hanya kerugian dalam hal keuangan tetapi juga tenaga.

  9. Text Editor. Text Editor digunakan untuk mengolah script atau kodingan yang kita buat menjadi suatu file untuk aplikasi website kita. Text Editor yang lagi nge-trend saat ini adalah Atom, Sublime Text 3, dan VSCode.

Terima kasih karena telah membaca. Tunggu apa lagi ayo belajar sekarang untuk menjadi Web Developer yang handal! 👍👍

Comments

Popular Posts