Tipe Data dalam PHP



Beberapa macam tipe data dalam PHP :
  • String : Tipe data yang merupakan gabungan huruf, angka, whitespace (spasi), dan berbagai karakter. Penulisan string pada sebuah variabel ditulis dengan menggunakan double quote(" ") atau single quote(' ').
  • Integer : Tipe data bilangan yang tidak berkoma. Jadi sebuah bilangan integer dapat berupa bilangan positif ataupun negatif. Untuk membuat tipe data integer kita bisa langsung menulis angka tanpa perlu menggunakan double quote(" ") atau single quote(' ').
  • Float : Tipe data float adalah bilangan yang dinyatakan dalam bilangan berkoma. Untuk penulisanya sendiri koma dalam PHP dinyatakan oleh .(titik)
  • Array : Suatu struktur data yang dapat menyimpan banyak nilai dalam sebuah variabel. Pada pemrogragraman PHP, dalam sebuah variabel array dapat memiliki tipe data lebih dari satu. Data-data dalam array berindeks numerik, sehingga setiap data yang mau di print di mulai dari 0. 
  • Object: Tipe data yang tidak sekedar menyimpan data tetapi berisikan juga informasi bagaimana untuk mengolah data tersebut. Tipe data object bisa berupa bilangan, variabel, ataupun fungsi. Untuk membuat object kita harus membuat class. Kita juga dapat menambahkan property di dalam class tersebut. Untuk memunculkan outputnya kita harus memasukan nama class ke dalam variable dan memanggilnya kembali sesuai property yang kita buat.

Itulah beberapa tipe data di dalam PHP. Terima kasih telah membaca. God Bless 😁

Comments

Popular Posts